MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI ERA PANDEMI

By ADMIN 12 Sep 2021, 18:22:11 WIB HARI KESEHATAN
MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI ERA PANDEMI

Keterangan Gambar : Visualisalisai kesehatan gigi dan mulut


12 September diperingati sebagai Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional. Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional pertama kali digagas oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH., DR PH. Yang secara resmi dibuka pada Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2011 di Lapangan Gasibu, Bandung.

Kebersihan gigi dan mulut merupakan bagian penting dari kebersihan tubuh yang tidak dapat diabaikan. Menjaga kebersihan gigi, perawatan gigi rutin, dan gaya hidup yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut dan kesehatan secara umum. Dengan adanya pandemi Covid-19 ini menyebabkan berbagai sektor mengalami gangguan, salah satunya sektor pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Tak dipungkiri bila layanan kesehatan gigi dan mulut berpotensi tinggi menularkan virus corona. Penularan virus tersebut dapat melalui droplet/ percikan air liur, dimana cairan ini bisa saja tersembur di tengah proses pemeriksaan yang kemudian menempel di peralatan yang digunakan untuk memeriksa gigi. sehingga selain memastikan kebersihan tangan, penting pula untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut di masa pandemi Covid-19

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut diantaranya adalah menggosok gigi. Menggosok gigi direkomendasikan dilakukan selama 2 kali sehari. Waktu yang ideal menggosok gigi yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Lama menggosok gigi minimal tiga menit dengan gerakan memutar dari area gusi yang berwarna merah ke arah gigi yang berwarna putih. Sikat gigi sebaiknya diganti setiap 3 bulan sekali. Jika sikat gigi rusak sebelum 3 bulan itu berarti seseorang menyikat gigi terlalu keras dan penuh tekanan, sebaliknya jika sikat gigi tidak rusak setelah 3 bulan itu berarti seseorang tidak menyikat gigi dengan benar. Penting untuk menggosok lidah, karena pada permukaan lidah banyak terdapat bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

Penggunaan benang gigi atau sikat interdental setelah menggosok gigi sangat penting untuk membersihkan sisa makanan di sela gigi. Penggunaan benang gigi miminal 1 kali sehari.

Nutrisi juga mempengaruhi kebersihan gigi dan mulut. Makanan dan minuman yang tinggi akan gula dan asam seperti permen, minuman berkarbonasi, dan soda dapat dengan mudah membuat zat asam dalam mulut meningkat. Penting untuk mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah dan minum lebih banyak air.

Pemeriksaan gigi direkomendasikan dilakukan setiap enam bulan sekali. Pada masa pandemi Covid-19, konsultasi juga dapat dilakukan melalui telemedicine atau secara online. Jika diharuskan berkunjung ke dokter gigi sebaiknya membuat janji terlebih dahulu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di tempat klinik atau rumah sakit tersebut. Semua pasien yang datang ke tempat praktik Dokter Gigi, wajib mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan baru tersebut, demi keselamatan dan kesehatan bersama.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Instagram

Twitter


Facebook

Counter Pengunjung