MARI PEDULI DENGAN LINDUNGI ANAK DI MASA PANDEMI
Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2021

By ADMIN 23 Jul 2021, 11:03:35 WIB HARI KESEHATAN
MARI PEDULI DENGAN LINDUNGI ANAK DI MASA PANDEMI

Keterangan Gambar : HARI ANAK NASIONAL


Hari Anak Nasional (HAN) diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 23 Juli berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 tahun 1984 dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. Tema HAN tahun 2021 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan tagline #AnakPedulidiMasaPandemi. Penularan Covid-19 saat ini sudah tak terbendung lagi, semua golongan umur memiliki potensi terhadap penularan Covid-19. Anak-anak merupakan kelompok yang rentan sekali dengan penularan Covid-19. 1 dari 8 orang yang positif Covid-19 adalah anak-anak. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan anak yang positif Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan seperti batuk, pilek, demam, diare, muntah, dan ruam-ruam untuk melakukan isolasi mandiri di rumah saja. Selama isolasi mandiri di rumah, orang tua diharuskan untuk melakukan pemantauan kesehatan anak 2x sehari pada pagi dan sore untuk melakukan pengecekan suhu badan, laju napas, saturasi oksigen serta memperhatikan asupan gizi makanan, aktivitas anak, dan gejala-gejala lain yang mungkin timbul selama isolasi mandiri di rumah. Apabila anak memiliki gejala yang semakin berat seperti saturasi oksigen <95%, hidung kembang kempis dengan napas cepat, mengalami penurunan kesadaran, demam, kejang, dehidrasi, keluarga dapat segera menghubungi dokter atau pelayanan kesehatan yang menangani Covid-19.

Dalam menerapkan isolasi mandiri pada anak di rumah, orang tua atau pengasuh harus dapat mengajarkan kepada anak dengan bahasa yang mudah agar anak mampu untuk menerapkan protokol kesehatan di rumah. Protokol kesehatan tersebut berlaku bagi semua orang yang berada dalam satu rumah baik bagi anak, orangtua/ pengasuh, dan keluarga lainnnya. Berikut ini adalah penerapan protokol kesehatan sewaktu di rumah :

a. Pisahkan ruang tidur, kamar mandi, dan tempat bermain anak.

b. Upayakan anak memakai kamar mandiri terakhir bila kamar mandi digunakan bersama.

c. Pastikan ventilasi udara yang baik, agar terdapat pergantian udara.

d. Biasakan anak untuk memakai masker, terutama bila ada orang disekitarnya.

e. Istirahatkan anak untuk tidak memakai masker sewaktu sendiri atau saat tidur.

f.  Pengasuh harus selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) ketika kontak dengan anak

g. Cuci tangan sebelum dan sesudah berinterkasi dengan anak

h. Buang masker yang telah digunakan ke tempat sampah khusus

i.  Pastikan pengasuh untuk mandi dan ganti baju setelah mengurus anak

j.  Cuci pakaian anak dan keluarga secara terpisah

k. Jangan makan sisa makanan anak

l.  Pastikan pengasuh dan keluarga untuk selalu menjaga kesehatan dan minum suplemen untuk meningkatkan nutrisi bagi tubuh.

Peringatan hari anak nasional ini merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian terhadap hak-hak anak di Indonesia. Karena anak saat ini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja, maka orang tua perlu lebih memperhatikan dan mendukung anak dalam belajar agar tetap produkuktif di masa pandemi. Selain itu, orang tua juga harus dapat mengajarkan dan memberi contoh kepada anak untuk rajin mencuci tangan, memakai masker, mengurangi aktifitas bermain di luar, dan membiasakan anak untuk makan makanan yang bergizi agar anak tetap sehat di masa pandemi Covid-19. 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment

Instagram

Twitter


Facebook

Counter Pengunjung